OFFSHORE 2ND YEAR WHV Australia, Aku melakukan ini :


Persentase pertumbuhan peminum kopi di Indonesia (8%) lebih tinggi dari peminum kopi dunia (yang hanya 6%) Apakah ketika kamu kencan di cafe merupakan salah satu penyumbang angka ini?  
 Hello kawan! Welcome back to Theresheis_Uthe. 
  
Indonesia memproduksi 600 ribuan ton/tahun kopi Indonesia ke pasar domestik ataupun dunia. Lima besar negara pengimpor Kopi Indonesia adalah Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, Italia, dan Rusia. Bagi sebagian orang, kopi itu kebutuhan primer. Meski terdapat lebih dari 100 spesies kopi, yang paling banyak diproduksi dan dijual adalah jenis Arabica dan Robusta. 

Para ahli kopi membagi penikmat kopi dalam tiga kelompok. Penikmat “kopi gelombang ketiga” mengetahui dengan baik tentang kopi dan bagaimana mengesapnya.  

Penikmat ”kopi gelombang kedua” Mereka yang hanya nongkrong di kedai dan menikmati kopi speciality. 
Penikmat ”kopi gelombang pertama” adalah kelompok penikmat kopi kemasan, yang tak terlalu mengacuhkan grade kopi yang diminumnya. 
  
8 tahun terakhir ini, kedai kopi tumbuh bak cendawan. Penyebabnya adalah fenomena ledakan ”kopi gelombang ketiga” pada tahun 2010-2011. Kebanyakan mereka adalah yang pernah merasakan tinggal di luar negeri.  
Salah satunya di ibu kota kopi dunia Melbourne, Australia.  
Kelompok ini adalah orang-orang yang curious akan asal-usul kopi yang mereka minum, mempelajari proses pengolahan hingga penyajiannya.  
Tentu Barista, sang peracik kopi memiliki peran penting untuk menyajikan rasa yang autentik kepada customer. Profesi ini banyak dilirik oleh anak muda Indonesia. Karena keahlian ini mem-fusion antara pengetahuan, sains, teknologi, seni, dan skill yang terstandar. Memadukan teknik komunikasi customer service dengan timing pengolahan kopi. 
Serta mengangkat martabat Kearifan lokal dengan mengusung fanatisme kota/kabupaten.

Profesi Barista dipersiapkan dengan serangkaian pelatihan pengetahun dan keterampilan. 
Salah satu lembaga Kursus Barista kenamaan: Indonesia Coffee Academy yang digandeng Anomali Kofi adalah cafe yg mendeklarasikan diri sebagai kurator kopi lokal. ICA menjadi pilihan untuk belajar mengenai Espresso, Latte Art, Coffee Cupping, Manual Brewing, dan Roasting Class. 

Pengusaha kedai kopi, pengincar profesi barista, ataupun penikmat kopi yang rindu mengesap kopi ibu pertiwi datang kemari untuk belajar dengan sang Ahli yang berdedikasi. 

Kenapa Anomali supercool? Karena keseriusan founding father Anomali Kofi hanya akan mengambil kopi dari petani lokal. Sederhana, untuk menaikkan daya saing petani dari Indonesia. 
  “Kita tidak bisa menyamakan kopi dengan air tebu. Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.”  Dee Lestari

 Cheers mate, and Love 
Uthe 

KEEP IN TOUCH WITH ME, Instagram Uthe
Vlog Uthe Terima kasih banyak sudah mampir ke channel saya!